Penyuluhan Dan Pembentukan Koperasi UMKM Urip Mandiri Desa Cikandang

Header Menu

Advertisement

Penyuluhan Dan Pembentukan Koperasi UMKM Urip Mandiri Desa Cikandang

Redaksi
Rabu, Oktober 05, 2022

Penyuluhan Dan Pembentukan Koperasi UMKM Urip Mandiri Desa Cikandang



 BAROMETERMAS.COM. Brebes, -  Cikandang,05 Oktober 2022, UMKM adalah ujung tombak perekonomian di desa.Desa cikandang mempunyai Komunitas UMKM yang sudah berjalan dalam kurun waktu tiga tahun, kemajuan yang signifikan sangat terlihat jelas dari kegiatan Produksi dan Penjualan Produknya.Untuk sementara ini para pelaku usaha sangat terbantu sekali dengan keberadaan komunitas umkm ini.UMKM Urip Madiri Desa Cikandang ini sudah mempunyai dua kios untuk menjajakan Produknya deangan anggota kurang lebih 30 orang pelaku usaha, dan semuanya adalah Produsen.



     Pemasukan Keuangan dari hasil penjualan Produk sudah lumayan besar. “ lapak utama yaitu didepan Balong Indah Desa Cikandang tepatnya Depan Balaidesa jika ramai dalam satu bulan bisa mencapai Rp.1.000.000.;- hingga Rp.1.500.000;-“ demikian ungkap Ketua UMKM Urip Mandiri Desa Cikandang Iin Sunenti. Bermodal dari itu Ketua UMKM bersama pengurus berdiskusi untuk memanfaatkan uang hasil lapak dengan cara simpan Pinjam kepada para anggotanya. Gayung bersambut pada akhirnya atas fasilitas dari Dinas Koperasi maka pada hari ini diadakanlah acara Sosialisasin atau Penyuluhan Pembentukan Koperasi.



     Hadir dalam sosialisasi ini Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Brebes, Dadang Haryono,SE., beserta Staffnya Fathullah Al Karim,S.Kom., dan Khamim Kasori.SM, Camat Kersana Amanah,SIP.,M.Si., juga Kepala Desa Cikandang Junaedi. “ saya sangat berterimakasih sekali kepada UMKM Urip Mandiri Desa Cikandang yang telah menunjukan kinerja baiknya dalam program Pemberdayaan Masyarakat.



 Terbukti dengan keberhasilannya mempunyai dua kios , sudah bisa mewakili ke tingkat Kabupaten untuk UMKMnya dan sekarang mendatangkan Dinas Koperasi dalam rangka merambah dibidang Koperasi ,ini sangat luar biasa sekali. Terimakasih Kepada Ketua UMKM Urip Mandiri Ibu Iin Sunenti agar kedepan harus selalu konsiten dalam mengelola UMKM ini.” Demikian ungkap Camat Kersana.



   


 Kepala Desa Cikandang  Junaedi juga menegaskan, “ segenap pengurus Umkm Urip Mandiri harus bisa mengatur tata kelola keuangan bila nanti sudah terwujud Pembentukan Koperasi UMKM Urip Mandiri Desa Cikandang, ini adalah pencapaian yang luar biasa sekali dan mungkin ini adalah satu satunya Umkm yang mempunyai Koperasi di Kabupaten Brebes ini.” Imbuhnya.



(Romi/Romeo)