Bawang Crispy, Bawang Pasta Dan Minyak Bawang Inovasi Brebes Untuk Dunia

Header Menu

Advertisement

Bawang Crispy, Bawang Pasta Dan Minyak Bawang Inovasi Brebes Untuk Dunia

Redaksi
Rabu, Agustus 25, 2021

Bawang Crispy, Bawang Pasta dan Minyak Bawang Inovasi Brebes Untuk Dunia



BAROMETERMAS.COM, Brebes.

Kabupaten Brebes terkenal sebagai salah satu sentra bawang merah terbesar di Indonesia. Hampir di setiap pedesaan di Kabupaten Brebes membentang area persawahan yang ditanami bawang merah dan gudang-gudang penyimpanan bahkan di perumahan penduduk banyak ditemui kegiatan baik penyimpanan maupun pengelolaan bawang merah.

Hasil panen bawang merah selama ini kebanyakan hanya di jual sebagai sayur atau kembali dijadikan bibit untuk ditanam kembali.



Namun beberapa tahun belakangan ini di pedesaan Kabupaten Brebes banyak ditemukan home industri, pengelolaan bawang merah menjadi bawang goreng dan didistribusikan untuk konsumsi lokal bahkan dikirim ke luar daerah.

Adalah seorang Juwari, SP (52) yang mendapat sebutan bukan sekedar petani bawang biasa.




Inovasinya mengelola bawang merah menjadi bawang pasta dan bawang crispy serta minyak bawang diakui sebagai terobosan untuk produk hasil olahan bawang yang ternyata bisa ditingkatkan lagi untuk memiliki nilai lebih dan nilai ekonomis yang lebih tinggi.



Bersama kelompok taninya di Desa Sidamulya Kec. Wanasari Kab. Brebes, Juwari, SP mendirikan pabrik khusus pengelolaan bawang merah dengan hasil produk berupa bawang crispy, bawang pasta dan minyak bawang.



Dikonfirmasi di tempat kerjanya (24/08/2021) Juwari, SP yang juga menjabat sebagai Ketua Assosiasi Bawang Merah Indonesia (ABMI) ini mengatakan bahwa tujuan inovasinya adalah agar keperluan bumbu dapur rumah tangga yang berhubungan dengan cita rasa bawang bisa diganti dengan pasta dan minyak bawang. Sementara untuk yang crispy ternyata memang bawang bisa dijadikan makanan ringan buat cemilan.



"Jadi para ibu rumah tangga tidak usah repot-repot belanja bawang dan kemudian mengirisnya, langsung aja dengan pasta tinggal plotot atau minyak bawang yang langsung dicampur ke bumbu." terang Juwari.



"Sementara yang crispy adalah bahwa bawang merah bukan sekedar untuk bumbu melainkan bisa juga dijadikan makanan ringan buat cemilan." tambahnya lagi.



Ketika dikonfirmasi untuk wilayah pemasarannya dan harapannya ke depan Juwari SP mengatakan bahwa produk olahannya disamping telah diterima dipasar dalam negeri ternyata juga sudah diekspor ke luar negeri.




"Untuk produk bawang crispy sendiri kami telah mengekspornya ke Singapura dan untuk produk pasta bawang kami telah mengekspor juga ke Saudi Arabia. Yah harapan kami adalah produk pasta bawang, bawang crispy dan minyak bawang ini bisa diterima di seluruh penjuru dunia seperti eropa, afrika, amerika dan lain-lain" pungkas Juwari.


(M. Husni Iskandar)