Budayawan Bekasi Aki Maja Bikin Gebrakan Hut Ke 26 Kota Bekasi.

Header Menu

Advertisement

Budayawan Bekasi Aki Maja Bikin Gebrakan Hut Ke 26 Kota Bekasi.

Redaksi
Jumat, Maret 10, 2023

Budayawan Bekasi Aki Maja Bikin Gebrakan Hut Ke 26 Kota Bekasi.



BAROMETERMAS.COM. Kota Bekasi, -  10/3/2023, Menyambut HUT Ke - 26 Pemerintah Kota Bekasi menggelar Teater Kolosal Resolusi Rakyat Bekasi 1950 yang melibatkan sekitar 400 pemain yang terdiri para ASN dan komunitas Kota Bekasi yang disutradari langsung oleh Aki Maja Budayawan Kondang Bekasi.



Teater Kolosal yang mengangkat sejarah sekitar peristiwa Resolusi Rakyat Bekasi Tahun 1950 yang peristiwa rilnya terjadi di sekitar Alun Alun Bekasi yang sekarang bernama Alun Alun M.Hasibuan merupakan sebuah kilas balik sejarah yang pernah terjadi di Bekasi. Peristiwa Resolusi yang dihadiri tidak kurang dari 25.000 penduduk menjadi tonggak sejarah berdirinya Bekasi yang memisahkan diri dari Keresidenan Jatinegara.



Menurut Aki Maja sang penulis naskah yang sekaligus sutradara teaterikal kolosal tersebut ketika dijumpai di lokasi menyatakan bahwa kegiatan ini sebagai upaya mengingatkan masyarakat Bekasi bahwa pernah ada peristiwa penting yang dilakukan oleh para tokoh bangsa diantaranya KH. Noer Ali, Mayor M. Hasibuan, Edi Somad, Sambas, Sukardi, Namin dan banyak lagi lainnya telah berjuang sekuat tenaga untuk melakukan perubahan. "intinya Jas Merah, Jangan sekali kali melupakan sejarah, seperti ungkapan yang pernah dilontarkan oleh Bung Karno Sang Proklamator.



Sebenarnya apa saja kesulitan merekonstruksi sebuah peristiwa sejarah seperti diungkapkan oleh sang sutradara adalah harus penuh kehati hatian, karena nilai sejarahnya sangat penting, jangan sampai salah, meskipun tentu saja ada unsur dramatisasi dan imajinasi sebagai bumbu entertainmen dan edutainmen sebuah pertunjukan seni. Meskipun sulit dan repot menggerakan orang dalam jumlah besar untuk berakting dan improvisasi dengan berbagai karakter dan peran, namun jika dilakukan dengan serius, sungguh sungguh, fokus dan kompak semua dapat dilakukan.



Pertunjukkan Teater Kolosal Resolusi Rakyat Bekasi 1950 merupkan kado terindah bagi masyarakat Bekasi yang kembali mengenang sebuah peristiwa penting pada sekitar tujuh puluh tiga tahun silam.

Semoga penampilan teaterikal ini memberikan pesan moral dan kesadaran kita sebagai anak bangsa, pungkas Aki Maja mengkahiri.

Selamat Ulang Tahun Kota Bekasi ke 26 Tahun, 10 Maret 2023.


(Fauzi)