UNTUK MEMBANTU PETUGAS PAJAK JELANG BULAN PENERIMAAN SPT TAHUN PAJAK 2022, KPP PRATAMA TEGAL KUKUHKAN RELAWAN PAJAK

Header Menu

Advertisement

UNTUK MEMBANTU PETUGAS PAJAK JELANG BULAN PENERIMAAN SPT TAHUN PAJAK 2022, KPP PRATAMA TEGAL KUKUHKAN RELAWAN PAJAK

Redaksi
Jumat, Februari 03, 2023

UNTUK MEMBANTU PETUGAS PAJAK JELANG BULAN PENERIMAAN SPT TAHUN PAJAK 2022, KPP PRATAMA TEGAL KUKUHKAN RELAWAN PAJAK



BAROMETERMAS.COM. Kota Tegal, - Setiap menjelang bulan Maret dan April, Direktorat Jenderal Pajak sibuk mempersiapkan diri untuk melakukan penerimaan  laporan SPT Tahunan. 

Untuk tahun Pajak 2022, SPT PPh Orang Pribadi jatuh tempo pada tanggal 31 Maret 2023 sedangkan SPT PPh Badan akan jatuh tempo pada tanggal 30 April 2023.



Walaupun sistem yang ada di Direktorat Jenderal sudah canggih dengan adanya penerimaan laporan SPT pajak secara online yaitu para wajib pajak dapat melaporkan SPT Tahunannya lewat efilling dan dapat dilakukan dari rumah masing-masing, namun Direktorat Jenderal Pajak tetap membuka pelayanan secara langsung mengantisipasi para Wajib Pajak yang belum bisa melakukan pelaporan secara mandiri untuk dipandu atau diisikan SPT-nya oleh petugas. 



Akan halnya Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tegal mempersiapkan diri untuk bulan penerimaan pajak dengan merekrut sejumlah relawan pajak yang berasal dari mahasiswa perguruan tinggi di Kota Tegal.  




Bertempat di Aula Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tegal, Jum’at (03/02/2022) M.Riza selaku Kepala Kantor mengukuhkan 36 relawan pajak yang terdiri dari 13 mahasiswa Universitas Pancasakti Tegal, 13 mahasiswa Politeknik Harapan Bersama Tegal dan 10 mahasiswa Politeknik Trisila Dharma Tegal. 



Dalam sambutannya M. Riza mengatakan bahwa para mahasiswa untuk bersungguh-sungguh  dalam membantu Kantor Pelayanan Pajak dalam hal penerimaan SPT, karena banyak ilmu yang bisa diperoleh. 

Ruang lingkup pekerjaan yang akan dilakukan para relawan pajak adalah membantu para Wajib Pajak Orang Pribadi yang kesulitan dalam melakukan pengisian pelaporan secara online. 



Sementara itu perwakilan Tax Center Perguruan Tinggi Kota Tegal, M. Husni Iskandar, SE, MM, BKP yang dalam kesempatan tersebut mendampingi para relawan pajak yang berasal dari Politeknik Trisila Dharma Tegal menyampaikan bahwa dirinya menitipkan para mahasiswa relawan pajak untuk dilatih sebagaimana mestinya sehingga mereka mahir dalam melakukan pelayanan dan pengisian laporan pajak. 

“Ini sangat berguna sekali bagi mereka yang semuanya adalah mahasiswa akuntansi yang di dalam dunia kerja sangat dibutuhkan apalagi kaitannya dengan perpajakan.” ucapnya. 



Setelah dikukuhkan sebagai relawan pajak untuk tiga bulan ke depan para relawan akan ditempatkan di seksi pelayanan KPP Pratama Tegal sampai berakhirnya bulan penyampaian SPT. 




Disamping dihadiri oleh para pejabat KPP Pratama Tegal acara tersebut juga dihadiri oleh para Pejabat Kanwil DJP Jawa Tengah 1 yang sengaja hadir dari Semarang. 

Acara diakhiri dengan simulasi bagaimana cara para relawan ketika menghadapi para wajib pajak yang beraneka ragam karakter. 


(M. Husni Iskandar)