SHOLAT IDUL ADHA DI MUSHOLLA AL HIDAYAH RW 028 TELUK PUCUNG , BEKASI UTARA

Header Menu

Advertisement

SHOLAT IDUL ADHA DI MUSHOLLA AL HIDAYAH RW 028 TELUK PUCUNG , BEKASI UTARA

Redaksi
Selasa, Juli 12, 2022

 SHOLAT IDUL ADHA

DI MUSHOLLA AL HIDAYAH RW 028 TELUK PUCUNG , BEKASI UTARA




BAROMETERMAS.COM .BEKASI, -  Musholla Al Hidayah yang berlokasi di lingkungan Rukun Tetangga ( RT ) 03 , 04 , 010 Kelurahan Teluk Pucung , Kecamatan Bekasi Utara , Kota Bekasi , Provinsi Jawa Barat , pada hari Minggu 10 / 07 / 2022 menyelenggarakan Sholat Idul Adha dengan Imam sekaligus Khatib adalah HM Nurdin E ,  S.Pd.I, M.Si dengan Tema Hikmah Dan Patungan Hewan Qurban 


Dalam kesempatan tersebut Khatib mengingatkan kepada Jamaah Sholat Idul Adha agar meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta meningkatkan kepedulian diantara sesama manusia salah satu diantaranya adalah dengan berqurban .



Hadir dalam Sholat Idul Adha dan mendengarkan Khatib dalam menyampaikan uraiannnya adalah Ketua Rukun Warga ( RW ) 028 Sartono , SE didampingi pengurus Musholla Al Hidayah seperti H.Syahri Firdaus sebagai Ketua dan Hakimin sebagai Sekretaris . 


Terlihat pengurus begitu antusias menerima para tamu- tamu Allah dan merasa bersyukur atas membludaknya Jamaah yang mengikuti Sholat Idul Adha , hal ini merupakan pertanda adanya kepercayaan dari warga masyarakat sekitar , ujar Ahmad Djaelani yang didampingi oleh Wahid salah seorang panitia , ketika ditemui oleh Barometermas. Com . Bekasi .



MAKNA IDUL ADHA


Idul Adha yang setiap tanggal 10 Dzulhijjah , dikenal dalam masyarakat dengan sebutan *Hari Raya Haji*. Hal ini dikarenakan kaum muslimin di seluruh dunia yang menunaikan ibadah haji yang utama adalah *Wukuf* di Arofah semuanya memakai pakaian berwarna putih tidak berjahit. 


Pada hakikatnya mereka sedang mengaktualisasikan persamaan dalam beraqidah dan pandangan hidup , memiliki tatanan nilai - nilai persamaan dalam berbagai aspek kehidupan. Tidak ada perbedaan diantara mereka , semuanya memiliki persamaan sesuai dengan prinsip- prinsip kesetaraan atau kesederahatan di hadapan Allah Subhanahu Wa Ta'ala. 


Di samping itu makna yang terkandung dalam setiap masa lalu dalam perspektif Islam mempunyai makna penting sebagai pelajaran dan pembelajaran ( ibroh ) , misalnya Idul Adha itu merupakan momentum penting yang tentunya sudah dipersiapkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala kepada hambanya untuk dapat menata kehidupan yang lebih baik , baik hubungan manusia sebagai makhluk dengan Allah SWT sebagai Sang Khalik ( Hablum Minallah ) , maupun hubungan manusia dengan manusia yang lainnya ( Hablum Minan Nas ). 



HEWAN QURBAN 


Setelah pelaksanaan Sholat Idul Adha , panitia pelaksana Idul Adha pada kesempatan ini , Musholla Al Hidayah mendapat titipan hewan qurban dari masyarakat sekitar yaitu berupa seekor sapi dan empat ekor kambing. Apabila dibandingkan pada tahun- tahun yang lalu memang jumlah hewan qurban menurun , mungkin karena kondisi kehidupan masyarakat yang turun daya belinya , ujar seorang warga yang tidak mau disebut namanya. 



Daging - daging hewan qurban selanjutnya dibagikan kepada warga masyarakat sekitar. 


( Bowo Kobate ).