Paramitha Bantu Alat Produksi Bakso Dan Mie Ayam Untuk UMKM

Header Menu

Advertisement

Paramitha Bantu Alat Produksi Bakso Dan Mie Ayam Untuk UMKM

Redaksi
Selasa, Oktober 19, 2021

 Paramitha bantu alat Produksi Bakso dan Mie Ayam untuk UMKM


BAROMETERMAS.COM. Kabupaten Brebes - Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sangat beragam sehingga persaingannya sangat ketat.

Untuk meningkatkan daya saing, disemilasi teknologi perlu diberikan kepada UMKM yang bertempat di Rumah Makan Sahabat Alam, Senin (18/10/2021)



Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Brebes Bidang Ekonomi Hj Nur Bintang yang mewakili anggota DPR RI Hj Paramitha Widyakusuma SE berharap dengan Disemilasi teknologi tersebut para pelaku UMKM dapat secara efisien memproduksi produknya dengan cepat dan tepat. Acara yang bertempat di

"Mesin otomatis ini dapat mempercepat waktu produksi dan produk yang dihasilkanya higienis," kata Bintang.



Dalam kesempatan tersebut, Bintang panggilan akrabnya Hj. Nur Bintang menerangkan salah satu masalah utama UMKM yang harus dihindari oleh para pelaku usaha, diantaranya Kurangnya Inovasi, belum memaksimalkan Pemasaran online dan pembukuan Masih manual. Maka dari itu Bintang mengarahkan agar para pelaku usaha bisa berinovasi terhadap produknya, memaksimalkan jejaring Media Sosial (Pemasaran Online) dan Pembukuan yang baik.

Dalam kesempatan itu Bintang memberikan juga hadiah kepada pelaku UMKM yang hadir dan bisa menjawab pertanyaan yang diberikan.



Salah satu UMKM yang mendapatkan alat produksi hasil Diseminasi teknologi yakni UMKM Remojong Bumiayu. 

Peserta sebanyak 80 anggota UMKM Remojong dilatih membuat bakso dan mie ayam secara higienis dan cepat dengan mesin otomatis.



Diseminasi teknologi tersebut disampaikan atas kerja sama Komisi VII DPR RI, Hj. Paramitha Widyakusuma, SE., MM., dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) serta LPPM UNNES dimana Acara ini di Koordinir oleh Dr. Eka Yuliastuti.



"BRIN ini adalah salah satu mitra kerja dari Komisi VII DPR RI," kata Koordinator Acara dari UNNES, Eka Yuliastuti. 

Ia menambahkan, yang diperkenalkan kepada UMKM di Bumiayu yakni teknologi pengolahan bakso tanpa tangan atau serba otomatis.



"Teknologi ini membantu membuat bakso yang higienis dan cepat," tuturnya.

Rekayasa mesin pembuat bakso otomatis ini dibuat oleh LPPM UNNES yang di Ketuai oleh Dr. Muh. Fakhrikhunnam dan Danang Dwi Saputra.

"Selain itu juga ada mesin membuat mie otomatis," ungkap Eka Yuliastuti.



Ketua KADIN (Kamar Dagang dan Industri) Kabupaten Brebes sekaligus Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Brebes H. Indra Kusuma, S.Sos berharap dengan pelatihan tersebut UMKM di Kabupaten Brebes daya saingnya dapat meningkat.



"Saya berharap pelaku UMKM semakin kreatif dalam memproduksi dan memasarkan produknya guna memenangkan persaingan yang semakin ketat," pungkas Indra.


(Ibnu)