Untuk Meningkatkan Tarap Hidup Masyarakat Pesisir Utara, Doktor Mulyaningrum Gagas Pembentukan Pusat Studi Kawasan Pantura

Header Menu

Advertisement

Untuk Meningkatkan Tarap Hidup Masyarakat Pesisir Utara, Doktor Mulyaningrum Gagas Pembentukan Pusat Studi Kawasan Pantura

Redaksi
Senin, Agustus 16, 2021

Untuk Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat Pesisir Utara, Doktor Mulyaningrum Gagas Pembentukan Pusat Studi Kawasan Pantura



BAROMETERMAS.COM. Brebes. - Dr. Mulyaningrum seorang akademisi dari Universitas Pasundan Bandung yang terlahir di Brebes, merasa prihatin dengan kondisi kehidupan masyarakat pesisir utara yang nota bene bertolak belakang dengan potensi sumber daya alam yang ada.



Daerah pesisir pantai utara yang membentang dari Anyer sampai Banyuwangi memiliki potensi yang cukup tinggi untuk dikembangkan menjadi daerah maju yang bisa memberikan kesejahteraan tinggi bagi masyarakatnya.



Ini bisa dilihat dari potensi sumber daya alamnya baik hayati maupun non hayati seperti terumbu karang, mangrove, padang lamun, estuaria, air laut, endapan logam, energi, arus dan gelombang.



Belum lagi potensi pertumbuhan ekonomi di kawasan ini memiliki potensi sangat berkembang seperti pertumbuhan ekonomi dari sektor pertanian, sektor perikanan, sektor pariwisata, sektor industri skala besar dan sektor industri skala UMKM.



Beberapa koleganya yang tergabung dalam Forum Komunikasi Dosen Brebes menyambut baik gagasan ini.



Dalam beberapa kali webinar dan diskusi online yang diadakan oleh Forum Komunikasi Dosen Brebes, gagasan pembentukan Pusat Studi Kawasan Pantura telah disampaikan secara komprehensif oleh Dr. Mulyaningrum.



"Di FKDB ini sangat lengkap, kita tidak kekurangan Profesor dan Doktor untuk bisa membentuk Pusat Studi Kawasan Pantura, Apalagi dosen-dosen di forum ini adalah yang terlahir asli dari Brebes yang nota bene adalah kawasan Pantura jadi paham betul tentang seluk beluk secara geografi dan demografinya." terang Mulyaningrum ketika diconform awak media barometermas.com, Senin (16/08/2021). 



"Ini juga bentuk pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus kita laksanakan." tambahnya.



Pusat Studi Kawasan Pantura yang digagas oleh Dr. Mulyaningrum memang sangat diperlukan sebagai pusat kajian dan penelitian di mana produknya bisa memberikan dampak yang luar biasa bagi kemajuan perekonomian masyarakat pantura, oleh sebab itu gagasan ini perlu didukung oleh segala unsur seperti para koleganya antar dosen dan juga Pemerintah.



Dan harapan Dr. Mulyaningrum untuk para koleganya di Forum Komunikasi Dosen Brebes (FKDB) yang memiliki potensi keilmuan luas harus fokus pada Tri Dharma Perguruan Tinggi yang salah satunya adalah pengabdian masyarakat seperti pembentukan Pusat Kajian Kawasan Pantura ini.


(M. Husni Iskandar)