Sambut Siswa Siswi Baru SMA Negri 2 Jakarta Adakan MPLS

Header Menu

Advertisement

Sambut Siswa Siswi Baru SMA Negri 2 Jakarta Adakan MPLS

Redaksi
Jumat, Juli 16, 2021

SAMBUT SISWA SISWI BARU SMA Negeri 2 Jakarta adakan MPLS 



BAROMETERMAS.COM. JAKARTA. - Para siswa SD /SMP / SMA /SMK termasuk siswa MI /MTs / MA baik negeri maupun swasta di Wilayah Provinsi DKI Jakarta pada hari Senin , 12 / 7 / 2021 mulai memasuki Tahun Pelajaran Baru 2021 / 2022 diawali dengan mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS ) bagi siswa baru.




Tidak terkecuali di SMA Negeri 2 Jakarta , yang terletak di Jalan Gajah Mada No. 175 Keagungan , Tamansari , Jakarta - Barat. Sekolah yang mempunyai sejarah panjang ini , SMA Negeri 2 Jakarta didirikan pada tanggal 24 Februari 1959 setelah terjadi proses pengambilalihan sekolah asing melalui kebijakan pemerintah saat itu yang biasa disebut sebagai nasionalisasi. Sekolah asing yang dinasionalisasi yakni Kwo Min Tang yang terletak di Jl. Gajah Mada 174 - 175 , berdasarkan Peperda No. 232 , lalu diubah menjadi SMA PPS ( Panitia Pengawasan Sekolah ) . Selanjutnya SMA PPS oleh Depdikbud Pemerintah Jakarta Raya , kini Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta , itulah sekilas sejarah SMA Negeri 2 Jakarta. 





Menurut Ketua Panita Pelaksana Dra. Ncum Sumiati , MM kegiatan MPLS diikuti sebanyak dua ratus lima puluh dua ( 252 ) siswa baru , yang melibatkan tidak kurang dua puluh ( 20 ) orang guru untuk memberikan materi selama tiga ( 3 ) hari dan dilaksanakan secara online sehubungan dengan kondisi DKI Jakarta yang masih dilanda pandemi. 




Dengan kegiatan MPLS , menurut Dra. Diane Natalin Datuallo , MM sebagai Kepala Sekolah diharapkan para siswa baru bukan hanya dapat menjalin keakraban antara siswa baru dengan keluarga besar SMA Negeri 2 Jakarta , ataupun hanya mengenal stakeholder , akan tetapi para siswa dapat memperoleh pembelajaran secara holistik , demi mempersiapkan masa depan yang gemilang , ujarnya. 




Memang dalam masa pandemi yang sudah berlansung hampir dua tahun ini , tentunya akan merubah pola hidup termasuk di dalamnya merubah cara dan pola belajar para siswa yang semula belajar di dalam kelas ( tatap muka ) yang tentunya membawa kegembiraan tersendiri , menjadi belajar mandiri dari rumah dengan cara online. Hal ini berpengaruh terhadap cara dan pola dalam kegiatan MPLS yang menyenangkan bagi siswa baru untuk saling bersendagurau dan ajang perkenalan , ujar Drs. Eko Parminto , MPd Wakil Kepala Sekolah yang juga Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran ( MGMP ) PPKn Jakarta Barat II.





Di samping itu pelaksanaan kegiatan belajar mengajar , termasuk MPLS secara Online juga merupakan konsekuensi hukum , mengingat adanya Surat Keputusan Bersama ( SKB ) 4 Menteri Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Tahun Ajaran 2020/ 2021 yang diterbitkan pada tanggal 20 November 2020 yang ditandatangani oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan , Menteri Kesehatan , Menteri Agama , dan Menteri Dalam Negeri. 




MPLS adalah merupakan suatu istilah yang diberukan dalam rangka kegiatan hari - hari pertama bagi siswa baru. Istilah ini pada beberapa waktu yang lalu dikenal dengan Masa Orientasi Sekolah ( MOS ) atau istilah - istilah yang lain , tentu di sana - sini ada perbedaan , namun pada dasarnya mempunyai kesamaan yakni bertujuan untuk membentuk sikap mental di lingkungan yang baru , mengenal situasi yang baru di tempat yang baru , mempersiapkan siswa baru agar dapat mengikuti pembelajaran di kingkungan yang baru , yang pada akhirnya agar siswa dapat belajar secara efektif dan efisien guna mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

( Bowo Kobate )