Pemberian Vaksinasi Masal Kelurahan Bahagia Babelan

Header Menu

Advertisement

Pemberian Vaksinasi Masal Kelurahan Bahagia Babelan

Redaksi
Selasa, April 06, 2021

Pemberian Vaksinasi Massal Ketua RT wilayah Kelurahan Bahagia Babelan Kab.Bekasi



BAROMETERMAS.COM.   Kab.Bekasi - Program vaksinasi massal pada 2021 diharapkan bisa menjadi "game changer" atau pengubah permainan agar Indonesia bisa keluar dari situasi kelam pandemi Covid-19.




Di tengah wabah penyebaran virus corona (COVID-19), memang harus berpegang teguh dengan aturan maupun imbauan yang diberikan oleh Pemerintah Pusat. Namun, agar aturan dan imbauan tersebut bisa berjalan, setidaknya di suatu wilayah dalam lingkup kecil membutuhkan pemimpin yang mampu memimpin jalannya aturan dan imbauan tersebut, seperti halnya ketua Rukun Tetangga (RT) dan ketua Rukun Warga (RW).




Dalam pencanangan ini, selain ketua RT dan RW berupaya semaksimal mungkin untuk vaksinasi masyarakat di Kelurahan Bahagia Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi.


Ketua RT dan RW menjadi salah satu prioritas karena memberikan pelayanan secara langsung kepada masyarakat.




Sebanyak 175 orang yang terdiri 4 orang dari perangkat RT dari RW 01 - 054 mendapatkan jadwal vaksinasi Covid-19.




Kegiatan ini dilaksanakan oleh sebagai bagian dari program Pemerintah Pusat untuk memberikan vaksin secara gratis kepada seluruh warga Negara Indonesia.




Registrasi ulang ini, meliputi juga upaya verifikasi dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang akan ditanyakan oleh sistem untuk mengonfirmasi domisili serta self-screening sederhana terhadap penyakit penyerta yang diderita.



                (Kepala PUSKESMAS Kel Bahagia)


Proses pemberian vaksinasi adalah yang pertama melakukan pendaftaran atau absen sesuai data yang telah didaftarkan kemudian pengisian biodata Pasien dengan pemeriksaan dasar kesehatan berupa pengecekan Tekanan kemudian dilanjutkan dengan interview riwayat penyakit yang ada. Apabila terdapat riwayat penyakit berat maka proses vaksinasi ditunda dan apabila wajar dan dirasa masih batas normal maka akan dilanjutkan dengan proses penyuntikan Vaksin. 




Setelah itu, pendataan bagi pasien yang sudah divaksinasi dan istirahat selama 30 menit untuk memastikan apakah ada efek samping atau tidak. Jika terdapat efek samping maka segera laporkan ke pihak kesehatan dan apabila tidak maka dianggap sehat. Setelah semua proses berlalu maka akan diberikan kartu tanda vaksinasi covid-19 untuk disimpan dan akan digunakan kembali untuk pemberian vaksinasi tahap kedua pada bulan 04 Mei 2021.


Kegiatan dilaksanakan pada hari Senin, 06 Maret 2021 jam 08.00 Wib s/d selesai yang bertempat di Aula Kantor Kelurahan Bahagia Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi.



Setelah di berikan vaksin untuk RT, kepala Puskesmas Bahagia Hj.Sumiah berharap agar pelayanan yang diberikan kepada masyarakat semakin lebih baik. Karena vaksin ini bisa menjadi salah satu benteng dan memutus mata rantai penyebaran melawan Covid-19. Namun, setelah diberikan vaksin protokol kesehatan 5M harus terus dijalankan,




Bagi yang sudah divaksin harus bersyukur, karena banyak sekali yang ingin divaksin tapi karena vaksinnya belum datang dilakukan bertahap. Vaksinasi ketua RT ini ditargetkan selesai satu hari,ungkapnya saat ditemui BarometerMas.

Selasa, (06/04/2021).


Sementara Suparman salah satu Perwakilan RW 047 KTW Taman Flora menjelaskan, setelah divaksin tidak terasa sakit. bersama Ketua RT dan RW se-Kelurahan Bahagia.




Alhamdulillah nggak sakit sama sekali dan aman. Untuk semua jangan takut untuk vaksin. Kalaupun ada acara atau harus pergi ke luar kota harus tetap patuhi protokol kesehatan. 

Salam sehat semuanya,” ujarnya.

(ZULFAN Flora)