Wujud Syukur Ramadhan 1445 H, Majelis Burdah Nusantara Gelar Khataman Qur'an

Header Menu

Advertisement

Wujud Syukur Ramadhan 1445 H, Majelis Burdah Nusantara Gelar Khataman Qur'an

Redaksi
Jumat, Maret 29, 2024

 Wujud Syukur Ramadhan 1445 H, Majelis Burdah Nusantara Gelar Khataman Qur'an



BAROMETERMAS.COM. Bekasi, - Ramadhan merupakan bulan yang paling mulia dan istimewa bagi umat Islam. 

Saat Ramadhan tiba, semua umat Muslim yang sudah baligh diwajibkan melaksanakan puasa selama satu bulan, Kemudian di bulan Ramadhan, umat muslim berlomba-lomba menunaikan berbagai kebaikan, amalan, dan ibadah yang mendatangkan pahala. Amalan yang dilakukan di bulan Ramadhan memiliki keistimewaan tersendiri.

Perlu diketahui, setiap amalan yang dikerjakan di bulan Ramadhan akan mendapat pahala yang berlipat ganda dibandingkan dengan pahala di hari-hari lainnya.

Satu di antara amalan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pahala di bulan Ramadan ialah membaca Al-Qur'an.



Guna memperdalam Keimanan dan Ketaqwaan di Bulan Suci Ramadhan 1445 H, Majelis Burdah Nusantara ( MBN ) menggelar kegiatan Khataman Qur'an yang dilaksanakan di kediaman Aji Sentiantoro pemilik Kaligung Resto Rajanya ikan bakar Taman Elok blok E 1 no.3 depan danau Marakash Kelurahan Bahagia Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi. Kamis, (28/03/2024).



Kegiatan Khataman Qur'an ini, dilaksanakan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, terlebih dalam momentum bulan suci Ramadhan 1445 H, Khataman ini dilaksanakan untuk mendoakan agar keluarga besar MBN,  senantiasa diberikan kesehatan, keselamatan dan kesuksesan.

Pelaksanaan khataman Al-Qur’an ini dilakukan dengan bersama-sama membaca Alqur’an 30 Juz dengan masing-masing membaca 1 juz yang berbeda.

dilanjutkan dengan pembacaan Doa yang dipimpin oleh bapak Fitri Maryadi, S.Ag.



Sayyied Agus menekankan bahwa kegiatan Khataman Qur'an dilakukan semuanya itu adalah semata-mata untuk meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, serta untuk membentengi diri dari perbuatan tercela.

Kegiatan ini diharapkan dapat menambah amal ibadah dan nilai religius bagi jamaah MBN.

Memaksimalkan bulan yang penuh berkah ini dengan berlomba-lomba dalam kebaikan salah satunya khataman quran ini,” jelasnya. 




Ia menyebut, setiap satu tahun sekali tepatnya di Bulan Ramadhan, Rasulullah SAW berguru kepada Malaikat Jibril untuk mengulang hafalan Alquran. 

Dalam prosesnya, malaikat Jibril akan membacakan satu ayat dan Rasulullah SAW mengulanginya. Kegiatan ini terus dilakukan sampai Nabi Muhammad khatam Alquran.


“Ke depannya semoga khataman ini mendapat inovasi baru dari kekurangan yang ada pada khataman tahun ini sehingga dapat lebih maksimal di tahun berikutnya,” tutupnya.


(Zulfan)