Dalam Musdes Penetapan RKPDes 2023 Pemdes Kretek Paguyangan Fokus Kepada Peningkatan Ketahan Pangan Masyarakat

Header Menu

Advertisement

Dalam Musdes Penetapan RKPDes 2023 Pemdes Kretek Paguyangan Fokus Kepada Peningkatan Ketahan Pangan Masyarakat

Redaksi
Rabu, Oktober 12, 2022

Dalam Musdes Penetapan RKPDes 2023 Pemdes Kretek Paguyangan Fokus Kepada Peningkatan Ketahan Pangan  Masyarakat 



BAROMETERMAS.COM. BREBES -  Bertempat di GOR Desa Kretek kecamatan Paguyangan kabupaten Brebes,  Pemerintah Kecamatan Paguyangan  bersama instansi terkait melakukan monitoring Musyawarah Desa  (Musdes) dalam rangka penetapan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) TA. 2023 Selasa (11/10/2022) siang.


Tampak.Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bersama Pemerintah Desa (Pemdes) melaksanakan Musdes guna membahas, menetapkan dan mengesahkan RKPDesa Tahun Anggaran 2023.


Dalam kegiatan ini dihadiri  Camat, Kasie PMD ,anggota Anggota fraksi PKB DPRD Brebes, anggota  Bhabinkamtibmas, Jajaran Pemdes Kretek,  Ketua BPD, LPMD, BUMDes,  Ketua RT/RW, TP. PKK, Bidan  Desa, Karangtaruna, KPMD, Kader Kesehatan Desa, tokoh masyarakat dan tokoh agama.


Kegiatan tersebut  membahas dan mengesahkan RKPDesa TA. 2023 yaitu rancangan kegiatan pembangunan pada tahun 2023 dan sebagai acuan untuk menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) TA. 2023


Musdes ini merupakan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa.


Kepala desa (Kades) Kretek Akhya melalui Sekdes Edi Setiabudi SH MH mengatakan hasil kesepakatan bersama  penetapan  RKPDes untuk tahun 2023 mendatang difokuskan untuk peningkatan ketahanan pangan dengan menyalurkan modal usaha kepada BUMDes Subur Makmur  sebesar Rp 500 juta  dan guna menggiatkan dalam  pengembangan UMKM  di wilayahnya  pasalnya permodalan usaha yang diikelola BUMDes saat ini sudah mulai berkembang  pesat


Lanjut Edi Pemdes berupaya mwningkatkan ketahan pangun juga masih dalam penanganan keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdapak pandemi Covid 19 namun ditahun anggaran 2023 mendatang penyaluran BLT DD akan adanya pengurangan menjadi 10 - 15 persen.


"Penyaluran 10-15 prosen Pemdes akan kembali melakukan verifikasi data berbasis SDGs yang dikatagorikan layak menerima BLT dari dana desa.



Musdes RKPDes. Dihadiri oleh Anggota DPRD kab. Brebes. H. Ahmad Zamroni, S.Ag Camat Paguyangan, pendamping desa, PLD, Bumdes, LPM, KPMD, Tomas, Toga, Toper dan Bindes.  Dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat pemdes akan menggelontorkan dana Utk UMKM lewat Bumdes senilai 500 Juta.


(Ucil/Romi)