Camat Sukakarya Menghadiri Pelantikan Ketua TP PKK Desa Sukalaksana.

Header Menu

Advertisement

Camat Sukakarya Menghadiri Pelantikan Ketua TP PKK Desa Sukalaksana.

Redaksi
Sabtu, Maret 27, 2021

 Camat Sukakarya Menghadiri Pelantikan ketua TP-PKK Desa Sukalaksana Dan Sukakarya Di Kecamatan Sukakarya



BAROMETERMAS.COM.Bekasi-Acara Pelantikan Ketua TP-PKK di Kantor Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, dua Desa untuk tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahtraan Keluarga (TP-PKK) adalah mitra Kerja Pemerintah dan organisasi kemasyarakatan yang berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak pada masing - masing jenjang untuk terlaksananya program PKK. Jum'at (26/03/2021)



Pelantikan ketua TP-PKK kedua Desa yang di hadiri oleh Camat Sukakarya Rusdi Azis S.ip. Seketaris Camat Sukakarya, Dr. HM Shaleh S.ag.MPD, Kepala Desa Sukalaksana H.Tamin Komarudin, Kepala Desa Sukakarya Jonny Fahamsyah, 


Ketua TP-PKK Kecamatan Sukakarya Ibu Siti Soleha, Ketua TP-PKK Desa Sukakarya Hj. Mimi Jamilah Ketua TP-PKK Desa Sukalaksana Hj.Jubaedah S.pd, dengan mengedepankan protokol kesehatan dan jaga jarak.



Tim penggerak PKK Sekecamatan Sukakarya serta Muspika Kecamatan Sukakarya Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.


Dalam rangka menjalankan dan mensukseskan program - program Kerja TP-PKK baik tingkat Kecamatan maupun tingkat Desa Ketua TP-PKK Kecamatan Sukakarya melantik dua orang ketua TP-PKK Desa Sukakarya Hj. Mimi Jamilah, dan Desa Sukalaksana Hj. Jubaedah S.pd.



Dalam sambutannya Camat Sukakarya Rusdi Azis S.ip menyampaikan bahwa pelantikan TP-PKK Kecamatan Sukakarya melantik dua Ketua TP-PKK Desa yang baru, harapan Camat Sukakarya, agar TP-PKK masing - masing Desa bisa menjalankan program PKK dengan baik sesuai dengan tugas dan fungsi TP-PKK tersebut.




Di sisi lain Ketua TP-PKK Kecamatan Sukakarya saat di mintai keterangan oleh awak media mengatakan gerakan TP - PKK merupakan suatu gerakan pemberdayaan masyarakat yang tumbuh dari bawah dan pengelolanya dan untuk masyarakat lebih lanjut Ketua TP-PKK menghimbau kepada para Kepala Desa yang ada di wilayah Kecamatan Sukakarya untuk mendukung sepenuhnya baik moril maupun materil karena tim penggerak PKK adalah salah satu mitra kerja pemerintah dalam melaksanakan program pembangunan ucap ketua TP-PKK Kecamatan Sukakarya Siti Soleha

Ada pun Fungsi dan tugas TP-PKK di antaranya.



1) Menyusun rencana kerja PKK di masing - masing Desa sesuai dengan hasil rakerda Kabupaten.


2) Melaksanakan kegiatan sesuai dengan jadwal yang di sepakati.


3) Menyuluh dan menggerakan kelompok - kelompok PPK baik di Dusun, Rt, Rw dan Dasa wisma agar dapat mewujudkan kegiatan - kegiatan yang telah di susun dan disepakati.



4) Menggali, menggerakan mengembangkan poksi masyarakat khususnya keluarga untuk meningkatkan kesejahtraan keluarga sesuai dengan kebijakan yang telah di tetapkan.


5) Melaksanakan kegiatan penyuluh kepada keluarga - keluarga yang mencakup kegiatan bimbingan dan motivasi dalam upaya mencapai keluarga sejahtera.


6) Mengadakan pembinaan dan bimbingan kegiatan pelaksanaan program kerja.



7) Berpartisipasi dalam pelaksanaan program instansi yang berkaitan dengan kesejahtraan keluarga di Desa.


8) Membuat laporan hasil kegiatan kepada tim penggerak PKK Kecamatan dengan tembusan kepada ketua dewan penyantun tim penggerak PKK setempat


9) Melaksanakan tatatertib adminstrasi.



10) Mengadakan konsultasi dengan ketua dewan penyantun tim penggerak PKK setempat. 


Adapun pungsi tim penggerak PKK Desa adalah. 



1) Penyuluh motivator dan penggerak masyarakat agar mau dan mampu melaksanakan program PKK.



2) Fasilitator perencana, pelaksana, pengendali, pembina dan pembimbing gerakan PKK.



Dalam melaksanakan kegiatan TP PKK Desa Sukakarya Dan Desa Sukalaksana tetap mengedepankan protokol kesehatan yaitu Memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan Menjaga jarak.(Jaka.P-Red)