Rencana Pembuatan Pemakaman Umum (TPU) Di Desa Segaramakmur

Header Menu

Advertisement

Rencana Pembuatan Pemakaman Umum (TPU) Di Desa Segaramakmur

Redaksi
Kamis, Juli 06, 2023

Rencana Pembuatan Pemakaman Umum (TPU) Di Desa Segaramakmur 



BAROMETERMAS.COM. Bekasi, - Dalam rangka ikut berkontribusi dalam persoalan pembangunan sarana sosial Desa Segaramakmur, Kecamatan Taruma jaya, Kabupaten Bekasi, membuat kajian tentang " Rencana Pembangunan Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang ada di lingkungan Desa Segaramakmur Kecamatan Taruma jaya Kabupaten Bekasi" Tujuan di adakan nya kajian ini adalah memperoleh bahan pertimbangan dan perumusan kebijakan terkait TPU yang rencana nya aka di buat di lingkungan Desa Segaramakmur yang terencana, terarah, efektif dan efesien dengan memperhatikan kepentingan aspek keagamaan, sosial budaya dan asas asas pembangunan dan pemanfaatan tanah untuk pemakaman umum, (6/7/2023).



Kepala Desa Segaramakmur Nurman Syah Tobagyo, menjelaskan Kepada awak Media BAROMETERMAS.COM. Bahwa pemakaman yang akan di bangun awalnya 9000 M, tapi karena ada perubahan menjadi kurang lebih 7200 M, sedang kan pemakaman yang akan di bangun terletak di Kampung Poncol, Agar Desa Segaramakmur mempunyai TPU

Proses Hibah nya Sudah berjalan dan penataan pemakaman nanti nya dari dana Desa baik pemagaran dan yang lain nya.





Oleh karena itu masih menurut Kepala Desa Segaramakmur (Nurman) bagi tokoh masyarakat dan warga sekitar Desa Segaramakmur harus mendukung dan saling menyampaikan usul usulan agar pemakaman yang akan kita rencanakan bisa berjalan lancar dan di kemudian hari tidak ada masalah, karena makam ini untuk masyarakat yang ada di lingkungan Desa Segaramakmur, Tegasnya.




Ketua BPD Desa Segaramakmur M. Nur S Sos mengatakan, kalau ini berangkat dari keluhan masyarakat Karena Desa kami ini belum memiliki pemahaman umum.

Dan Alhamdulillah ada perusahaan yang menghibahkan sebidang tanah yang ada di Desa Segaramakmur.

Karena itu suatu yang kita nanti nantikan akhirnya ada juga yang mau mewakafkan tanahnya untuk pemakaman umum, ada pepatah yang mengatakan 

"Bagai kan pungguk merindukan bulan dan apa yang kita inginkan akhirnya Alhamdulillah akan bisa terlaksana".



Dan dirinya menambahkan menurut keterangan dari perusahaan yang memberikan wakaf tersebut, kata nya:

Kalau bisa tahan tersebut di rislah dulu, dan setelah itu baru di hibah kan untuk pemakaman Umum, mudah mudahan rencana yang baik ini bisa berjalan lancar dan dapet membawa manfaat khusus nya untuk wilayah kami karena memang Desa kami ini belum memiliki Tempat Pemakaman Umum (TPU), Pungkasnya.



Menurut Ketua RW 14 Sanen, dan Beliau juga sebagai tokoh masyarakat mengatakan, agar pemakaman bisa berjalan lancar di cek dulu surat tanahnya, agar di kemudian hari tidak ada masalah dan masyarakat sekitar yang ada khusus nya yang ada di Desa Segaramakmur menjadi puas, karena kita tidak mau ada persoalan persoalan di kemudian hari, yang mana perencanaan ini sangat bagus untuk di bangun nya pemakaman umum di Desa Kami ini.

Karena memang di Desa Segaramakmur selama ini belum ada pemakaman umum, Ucapnya.



Dari Tokoh Agama Ustad Jaenuri S Pdi, memaparkan berbicara kuburan sangat penting sekali karena kubur itu tempat akan kita menunggu alam akhirat, lokasi pemakaman yang berada di kampung Poncol Alhamdulillah sudah ada dari perusahaan yang berbunyi rislah dan hibah, itu harus ada dasarnya karena memang perusahaan harus bisa menyediakan pemakaman dan kami mohon semua ini harus di bentuk yang sebaik baik nya oleh karena itu semua surat nya harus di siapkan dulu.

Agar di suatu saat tidak ada masalah dan dapet di manfaatkan dengan baik dan masyarakat yang ada khususnya yang ada di lingkungan Desa Segaramakmur bisa memanfaatkan makam tersebut dengan baik, terangnya.



Acara perencanaan pembuatan makam umum (TPU) di Desa Segaramakmur di hadiri tokoh masyarakat, tokoh agama, Ketua RT, Ketua RW, Kepala Dusun dan Warga Masyarakat yang ada di sekitar lingkungan Desa Segaramakmur, acara tersebut berjalan lancar dan kondusif dan di akhiri dengan pembacaan doa semoga apa yang telah di rencanakan mendapat kan kelancaran , kemudahan dan mendapatkan berkah Nya dari Allah SWT Amiiin.


( SYAHIDIN)