Jelang Akhir Tahun 2022, IKPI Cabang Tegal Gelar Rapat Anggota

Header Menu

Advertisement

Jelang Akhir Tahun 2022, IKPI Cabang Tegal Gelar Rapat Anggota

Redaksi
Sabtu, Desember 17, 2022

Jelang Akhir Tahun 2022, IKPI Cabang Tegal Gelar Rapat Anggota



BAROMETERMAS.COM. Tegal, - Konsultan Pajak adalah sebuah profesi keahlian untuk membantu wajib pajak dalam menghitung dan melaporkan kewajiban perpajakannya. 


Konsultan Pajak dituntut untuk terus dinamis dalam meningkatkan keahlian profesinya seiring dengan perubahan-perubahan peraturan perpajakan baik undang-undang maupun peraturan turunannya. 


Ada beberapa assosiasi konsultan pajak yang menaungi profesi konsultan pajak di Indonesia diantaranya adalah Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI). 


IKPI merupakan organisasi konsultan pajak terbesar yang memiliki jumlah anggota ribuan, dan tersebar di berbagai cabang di seluruh Indonesia. 


Salah satunya adalah IKPI Cabang Tegal yang berkantor di Perum Mutiara No. 1, Jalan Sumbrodo Tegal. 


IKPI Cabang Tegal menaungi keanggotaan konsultan pajak yang berasal dari Kota/Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes, Kabupaten Pemalang serta Kota/Kabupaten Pekalongan.



Menjelang tutup tahun 2022, IKPI Cabang Tegal mengevaluasi capaian pengembangan profesi anggotanya dengan menggelar rapat anggota, Sabtu (17/12/2022). 


Ditemui disela-sela rapat Ketua IKPI Cabang Tegal H. Imron, SH, MM, BKP mengatakan bahwa setiap anggota IKPI Cabang Tegal  wajib mengikuti kegiatan Profesi Pengembangan Berkelanjutan (PPL) dan memenuhi Satuan Kredit PPL (SKPPL) yang dihitung mulai bulan Januari tahun berikutnya setelah diterbitkannya Izin Praktik. 


"Kegiatan PPL yang wajib diikuti itu terdiri atas PPL terstruktur dan PPL tidak terstruktur" tambahnya. 


Dari 18 orang konsultan pajak yang hadir dalam rapat anggota tersebut hampir 100 persen telah menyelesaikan tugas PPL nya. 


Dalam rapat tahunan tersebut juga dibahas tentang rencana penyelenggaraan PPL tatap muka yang rencana akan di gelar di Kota Pekalongan di bulan Pebruari 2023. 



"Ini sebagai agenda tahun 2023 IKPI Cabang Tegal, dimana nanti kami mengundang seluruh konsultan pajak se Jawa Tengah untuk hadir mengikuti seminar PPL tersebut" terang Imam Suwandi, SE, BKP selaku sekretaris IKPI Cabang Tegal. 


Imam sendiri akan membuat laporan hasil rapat anggota tersebut ke IKPI Pusat sebagai agenda kegiatan IKPI Cabang Tegal. 


Rapat diakhiri dengan sesion foto bersama di depan kantor IKPI Cabang Tegal. 


(M. Husni Iskandar)