Bawaslu Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif di Kabupaten Brebes

Header Menu

Advertisement

Bawaslu Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif di Kabupaten Brebes

Redaksi
Rabu, Desember 14, 2022

Bawaslu Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif di Kabupaten Brebes



BAROMETERMAS.COM. Brebes, - Dalam rangka ikut menjadi bagian pengawasan Pemilu, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Brebes menggelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipasi, pasalnya sebagai bentuk partisipasi untuk pemilu 2024 harus diberikan informasi mengenai tahapan-tahapan pemilu.

Sebanyak 50 peserta yang hadir di acara tersebut masing-masing dari Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP), Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) dan Jurnalis Warga Kabupaten Brebes. 


Wakro, Ketua Bawaslu Kabupaten Brebes, kegiatan ini juga mengundang beberapa media cetak dan elektronik sehingga sangat mampu untuk kolaborasi. 

" tentu harapan kami kolaborasi semua pihak dari FKPP, FKDT, JW dan Media bisa jadi cara untuk memberikan informasi Pemilu nanti," tuturnya, saat memberikan sambutannya i Hotel Dedy Jaya, rabu (14/12). 


Bahkan tujuan kegiatan ini merupakan hasil tindaklanjut dari hasil koordinasi Bawaslu Brebes, bersama FKDT dan PPMN Jurnalis Warga ke Bawaslu Provinsi.

" Ini follow up dari pertemuan minggu kemarin setelah berkunjung ke Bawaslu Provinsi," tambahnya. 


Masih menurut dia, dengan kegiatan ini juga diharapakan bisa menekan angka pelanggaran pemilu dan pencegahan kecurangan pemilu 2024 nanti. 

" Bentuk pencegahan kecurangan pemilu 2019 dan bisa tercover itu harus di sadari, sehingga tahun 2024 nanti diharapakan ditekan bersama-sama agar tidak terulang kembali," kata dia. 


Sementara itu, Kukuh Prasetyo selaku narasumber dari Kabid Kesbangpol Brebes, Pemilu Bermartabat itu sangat penting bagi masyarakat sehingga kelangsungan Pemilu 2024 bisa terlaksana dengan baik. 

" Masyarakat harus pro aktif dalam pengawasan Pemilu dan bisa mencegah berbagai kasus yang terjadi saat pemilu," katanya. 


menurut dia, adanya media seperti Jurnalis Warga Kabupaten Brebes bisa memberikan edukasi bagi Pemilu yang baik. 

" JW harus bisa menjadi penyaring berita hoax dan memberikan berita berita yang informatif," katanya lagi. 



Sebagai masyarakat, lanjut dia, yang menjadi pengawasan Pemilu partisipatif juga perlu di waspadai. 

" Selain masyarakat di harapkan menjadi partisipatif di komunitas, juga menjadi pengawasan Pemilu di lingkungan sendiri," pungkasnya.


(M Husni/ Eko)