Sungai Pemali Meluap, Sejumlah Kecamatan di Brebes Tergenang Banjir

Header Menu

Advertisement

Sungai Pemali Meluap, Sejumlah Kecamatan di Brebes Tergenang Banjir

Redaksi
Sabtu, November 19, 2022

Sungai Pemali Meluap, Sejumlah Kecamatan di Brebes Tergenang Banjir





BAROMETERMAS.COM, Brebes, - Hujan yang terus menerus di kawasan selatan Kabupaten Brebes, menyebabkan debit air di Sungai Pemali Kabupaten Brebes Sabtu, (19/11/2022) meningkat tajam. 


Sejumlah tanggul jebol diantaranya di desa Kedung Tukang dan desa Tengki yang berada di wilayah kecamatan Jatibarang dan Kecamatan Brebes. 


Warga beramai-ramai bergotong royong untuk segera menutup tanggul yang jebol tersebut. 


Namun dalam waktu yang cepat, karena tingkat debit air yang sangat tinggi air tetap meluap dan menggenangi sejumlah perkampungan dan sawah warga. 


Seperti di Desa Pemaron sejumlah sepeda motor terjebak banjir dan dievakuasi sementara para lanjut usia juga dijemput dan dievakuasi dengan perahu karet dari rumah masing masing. 


Tampak diantara kesibukan warga, Camat Brebes H. Asip Fauzan, SH S.IP ikut berbaur meninjau tanggul dan ikut menolong warga yang terdampak banjir. 



Dalam keterangannya Camat Brebes mengatakan Pemerintah sangat peduli dan turun tangan langsung untuk mengevakuasi dan menyelamatkan warga. 


"Kami akan terus pantau perkembangan banjir ini dan terus berkoodinasi dengan pihak pihak terkait seperti TNI, dan BNPB sampai banjir ini betul-betul surut" terangnya. 


Sementara itu Warga Kota Brebes sendiri merasa cemas bila banjir akan masuk kota. 


Amalina Farida warga Jalan MT Haryono, Saditan, Brebes merasa trauma bila banjir memasuki kawasan perkampungannya seperti beberapa tahun yang lalu. 



"Kami trauma ketika air masuk rumah sampai berhari- hari aktivitas sangat terganggu tapi bagaimanapun juga kami siap-siap, surat surat penting ijasah dan mobil kami sudah titipkan ke saudara"

Pungkasnya dengan cemas. 


(M. Husni Iskandar)