Klinik Rumah Sehat At-Ta'awun Bekasi Menyelenggarakan Khitanan Massal di SD Islam Darussalam Pekayon

Header Menu

Advertisement

Klinik Rumah Sehat At-Ta'awun Bekasi Menyelenggarakan Khitanan Massal di SD Islam Darussalam Pekayon

Redaksi
Senin, Agustus 22, 2022

Klinik Rumah Sehat At-Ta'awun Bekasi Menyelenggarakan Khitanan Massal di SD Islam Darussalam Pekayon



BAROMETERMAS.COM. Bekasi, - Sejumlah lebih dari 85 anak dari lingkungan Pondok Pekayon Indah dan sekitarnya mengikuti khitanan massal yang diselenggarakan oleh Klinik Rumah Sehat At-Ta'awun dan bertempat di SD Islam Darussalam Pekayon. Acara ini diselenggarakan masih dalam suasana rangkaian kegiatan HUT Republik Indonesia yang ke-77 , pada Sabtu (20/08/2022). 


Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Perguruan Islam Darussalam (PID), Klinik Rumah Sehat At-Ta'awun dan Asosiasi Dokter Khitan Indonesia (ASDOKI) juga beberapa sponsor pendukung seperti JTRAVEL, Rumah Sunat Ar-Rahman, NEOMED, CMP, Star Speed, MUSLIMADANI dan TEKNO KLEM.



Kepala Sekolah SD Islam Darussalam Iing Solihin S.Pd., M.Pd.I menyambut baik dan mendukung kegiatan tersebut. Dan dalam sambutannya pada pembukaan acara mengatakan, khitan merupakan suatu kewajiban bagi orang tua untuk anak laki-laki mereka yang sudah usia baligh sesuai anjuran Nabi Muhammad SAW.



 "Hukumnya wajib bagi anak laki-laki yang sudah akil baligh untuk dikhitan. Dan dari segi kesehatan pun, khitan memiliki manfaat yang baik untuk kebersihan", ujarnya.




Lebih lanjut, Iing Solihin S.Pd., M.Pd.I menjelaskan sangat senang dengan antusiasme warga yang ikut khitan massal ini. Ia mengatakan, Perguruan Islam Darussalam akan terus mendukung pelaksanaan kegiatan sosial semacam ini, dan menjadikannya sebagai program kerja tahunan. 



"Semoga anak yang dikhitan hari ini menjadi anak yang soleh dan selalu mendoakan kedua orang tuanya. Terima kasih juga kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan hari ini, semoga dapat melaksanakannya dengan lancar,” ucap orang nomor satu di SD Islam Darussalam Pekayon. 



Iing Solihin S.Pd., M.Pd.I juga berujar agar masyarakat yang belum bisa mengikuti khitanan massal tahun ini, dapat mengikutinya tahun depan. 

“Ini merupakan bentuk kerjasama kami dengan Klinik Rumah Sehat At-Ta'awun dan ASDOKI", tambahnya.



Sementara itu, Direktur Perguruan Islam Darussalam, DR. H. Taufik Rihatno dalam sambutannya, menyampaikan, kegiatan khitanan massal hari ini adalah merupakan bagian dari sumbangsih Klinik Rumah Sehat At-ta'wun dan PID kepada warga yang ada di lingkungan PID khususnya, dan warga lain di luar lingkungan PID umumnya. 



"Kegiatan yang bersifat kemanusiaan ini, sangat bermanfaat untuk meringankan beban masyarakat di masa pandemi ini, ujarnya. Harapannya ke depan, kegiatan yang dibantu oleh beberapa pihak ini akan terus digelar dan semoga hal ini sebagai solusi, di era pandemi" harap Direktur. 



Secara simbolis, dilakukan penyerahan cindera mata berupa bingkisan dan uang saku kepada anak-anak yang dikhitan. Penyerahan ini langsung disampaikan oleh Direktur Perguruan Islam Darussalam dan Kepala SD Islam Darussalam dilanjutkan peninjauan langsung prosesi khitan yang ada di ruang khitan. Ruang khitan sendiri disediakan sebanyak 3 ruang, yang masing-masing ruang telah disiapkan 3 bad. 




Turut hadir pada kesempatan ini Wakil Direktur Perguruan Islam Darussalam Hj. Naning Rahmawati S.E., M.Ak, dan suami H. Deden Rizal Sudarsa, Ketua Asosiasi Dokter Khitan Indonesia (ASDOKI), dr. Darsono, ketua Yayasan At-Ta'awun Ir. Kuswanto Edi, Ketua Yayasan Pembangunan Umat Islam Darussalam H. Fuad Nurdin, pengurus DKM Masjid Darussalam H. I Nyoman Windiawan dan H. Ghufron serta tokoh masyarakat lainnya. Acara diakhiri dengan ramah tamah dan foto bersama.



(Fauzan Achmad Ryan)